Business Model Canvas (BMC) Keripik Manik

 Hello Gengs Milenial !


Hari ini aku mau berbagi cerita tentang merencanakan bisnis dengan Business Model Canvass (BMC), semoga BMC ini bisa menjadi contoh bagi kawan-kawan untuk mulai berbisnis, dimana kali ini bisnisnya adalah keripik singkong.

Jadi sedikit bercerita, bisnis keripik ini dimulai ketika saya dengan teman saya yang hobi ngemil dan seringkali membeli keripik singkong yang ada dipinggir jalan mulai berfikir tentang kesehatan dan kehigienisan produk tersebut. Jadi kami memutuskan untuk berkolaborasi dan memulai bisnis keripik ini dengan menggunakan resep dari orangtua secara homemade dengan berbagai varian rasa.

Sebelum beralih ke Business Model Canvass (BMC) Keripik Manik, apa sih yang dimaksud dengan BMC itu? Business Model Canvass (BMC) adalah template dasar dari sebuah strategi manajemen yang digunakan dalam memulai rancangan awal sebuah bisnis atau pengembangan dari bisnis yang sudah ada. Business Model Canvass (BMC) disusun dengan tujuan untuk menjelaskan, menilai, memvisualisasikan, serta mengubah model bisnis sehingga kinerja yang dihasilkan lebih maksimal. Business Model Canvass (BMC) terdiri dari 9 elemen, yaitu Key Partner, Key Resources, Key Activities, Value Propositions, Customer Relationship, Customer Segment, Chanel, Cost Structure, dan Revenue Streams. Berikut ini BMC Keripik Manik:


Berikut adalah sembilan elemen yang terdapat dalam bisnis model kanvas @kripik.manik.

1. KEY PARTNER (Kerjasama)

Elemen ini berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan lainnya. Posisi-posisi key partner tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas dari key activities yang telah dibuat. Key partner dalam bisnis Keripik Manik meliputi: Supplier bahan baku (Singkong, Bumbu-bumbu, dan Perasa) dan Percetakan logo brand

2. KEY RESOURCES (Sumber Daya)

Merupakan elemen dalam BMC yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki untuk mewujudkan value proposition. Key Resources yang dimiliki oleh bisnis Keripik Manik, yaitu:

  • Sumber Daya Manusia
  • Resep dan metode pembuatan
  • Alat-alat pembuatan produk
  • Media promosi dan komunikasi

3. COST STRUCTURE (Struktur Biaya)

Elemen ini dalam BMC adalah struktur pembiayaan bisnis agar bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan efisien yang terdiri dari biaya bahan baku dan biaya packaging dalam bisnis Keripik Manik.

4. KEY ACTIVITIES (Aktivitas yang Dijalankan)

Key activities adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk, di mana kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai. Key activities yang dimiliki oleh bisnis Keripik Manik, yaitu:

  • Membeli dan menyiapkan bahan baku
  • Proses pengolahan bahan baku menjadi produk
  • Pengemasan produk
  • Promosi produk
  • Pemasaran produk

5. VALUE PROPOSITIONS (Proposisi Nilai Konsumen)

Merupakan keunggulan produk dengan poin-poin yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan pebisnis bagi customer segment-nya. Value Propositions yang dimiliki oleh bisnis Keripik Manik, yaitu:

  • Mutu bahan baku terjamin kualitasnya
  • Kualitas produk yang dipasarkan dalam kondisi baik dan higienis
  • Produk yang dipasarkan homemade
  •  Memiliki berbagai varian rasa
  • Harga produk sangat terjangkau

6. REVENUE STREAMS (Sumber Pendapatan)

Revenue streams merupakan bagian yang paling vital, di mana pebisnis memperoleh pendapatan dari pelanggan. Revenue streams bisnis Keripik Manik berasal dari penjualan produk di toko atau warung serta akun Instagram @kripik.manik 

7. CUSTOMER RELATIONSHIP (Hubungan Konsumen)

Customer Relationship merupakan elemen dalam BMC dimana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya. Customer Relationship yang dimiliki oleh bisnis Keripik Manik, yaitu:

  • Memberikan pelayanan terbaik kepada customer
  • Memberikan bonus kepada loyal customer dalam event tertentu
  • Memberikan gratis ongkir untuk wilayah tertentu dan minimum pembelian

8. CUSTOMER SEGMENT (Segmentasi Konsumen)

Elemen pertama yang harus dimiliki dalam memulai bisnis model kanvas dengan menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis. Untuk bisnis Keripik Manik menargetkan segmen pelanggannya adalam semua kalangan.

9. CHANNEL (Saluran)

Saluran untuk menyampaikan produk bisnis sampai hingga kepada konsumen. Contohnya menggunakan media sosial, seperti Instagram, Tiktok, Whatsapp dan juga melalui toko atau warung.


Nah gengs, begitulah cerita tentang merencanakan bisnis dengan Business Model Canvass (BMC), semoga BMC ini bisa menjadi contoh bagi generasi milenial untuk berani memulai suatu bisnis.

Comments

  1. Mantuls. Millenials sekali ya kak. Semoga usahanya berjalan lancar dan berkembang kam. Semangat

    ReplyDelete
  2. Mantap inspiratif bangett sukses ka

    ReplyDelete
  3. Semoga usahanya sukses kak๐Ÿ™

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen cobain juga nih keripik maniknyaa ☺️ sukses terus yaa kakk !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget dicoba kak keripikik nya๐Ÿ˜๐Ÿ™๐Ÿผ

      Delete
  5. Semoga sukses dan jaya usahanya ya kak

    ReplyDelete
  6. Wah keren nih idenya! Semoga lancar ya bisnisny!

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ

      Delete
  8. Wedeh keren nih, semoga lancar usahanya

    ReplyDelete
  9. Berawal dari hobi ngemil trus penasaran, eh malah bikin inovasi dan usaha. Wahh patut dicontoh nih gengs. Keep fighting Mas Novan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kak. Hehehe๐Ÿ˜๐Ÿ™๐Ÿผ

      Delete
  10. Keren banget ceritanya kak semangat ( km putra astika)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kesuksesan Petani Milenial Yang Menggunakan Teknologi Modern Sistem Hidroponik

Basic Public Speaking Melalui Video Pemasaran Bisnis Keripik Manik